Ban motor cepat rusak karena dua hal. Pertama, karena ulah penjahat menyebar “ranjau” berupa paku atau benda tajam lainnya, yang marak belakangan ini. Kedua, karena kecerobohan pemilik kendaraan.
boncengan_motor
Membawa beban melebihi kapasitas yang dianjurkan bikin ban cepat rusak
Kecerobohan tersebut di antaranya cara berkendara yang “jorok”, seperti sering menghajar lubang atau menabrak benda keras. Kemudian, mereka tidak memerhatikan kondisi komponen yang berkaitan dengan ban. Misalnya, membiarkan tekanan angin kurang atau sering membawa beban yang berlebihan.
Dorari, spesialis OEM Tire PT Gajah Tunggal, produsen ban IRC, memberikan beberapa contoh kerusakan pada ban, disertai penyebabnya.
alur_ban1
Perhatikan 4 angka pada dinding ban. Dua angka awal menunjukkan diproduksi minggu keempat. Sedang dua angka terakhir dibuat tahun 2009
Pertama, ban sobek, akibat kurang tekanan angin, lantas menghajar lubang atau menyeret benda tajam (ranjau) cukup jauh. Jika pakai ban dalam, sobek kecil tidak akan membuat ban kempis.
Kedua, ban benjol. Ini menandakan bahwa benang konstruksi di dinding putus. “Biasanya (karena) bagian samping membentur trotoar. “Kalau benjol di tengah, itu lantaran kondisi suspensi mati sehingga ban seperti dibiarkan menahan beban berat kendaraan plus pengendara dan penumpang,” ungkap Dorari.
Ketiga, kembang ban termakan sebelah. Penyebabnya terdiri dari beberapa kemungkinan, seperti kondisi velg yang sudah tidak balance. Kalau menggunakan jari-jari, Dorari menyarankan agar bagian itu disetel ulang. Kemungkinan lain, volume shock sudah tidak seimbang. Dampaknya, “Kerja suspensi pun jadi tidak sama,” sebut Udin, Kepala Mekanik Clara Motor, dealer Honda.
Faktor penyebab lain, bushing swing arm sudah aus sehingga posisi roda oblak dan bikin ban tidak rata ketika menapak di permukaan jalan.
alur_ban
Akibat terlalu lama disimpan atau motor menganggur, permukaan ban retak
Keempat, retak-retak karena terlalu lama disimpan sehingga membuat elastisitasnya berkurang. Lihat kode produksi ban yang terdiri dari 4 angka. Dua angka awal pertanda minggu produksi (bisa minggu pertama, kedua, dan seterusnya), sedangkan dua angka di belakang menandakan tahun produksi.
Nah, dengan informasi ini, semoga pemakaian ban motor Anda bisa lebih lama. (dikutip dari : otomotif.kompas.com)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Suka
Entri Populer
-
A. FUNGSI REM Untuk mengurangi kecepatan laju sepeda motor clan untuk menghe ntikannya. B. SISTEM PENGEREMAN Prinsip sistim pengereman a...
-
Cara Kerja System Radiator dan Sistem Pendingin , Motor-motor terbaru saat ini telah banyak dilengkapi dengan piranti pendingin cairan ya...
-
URAIAN Fungsi baterai pada automobile adalah untuk mensuplai kebutuhan listrik pada komponen-komponen listrik pada mobil tersebut sepe...
-
Komponen-Komponen Pendukung Rangkaian Sistem Kelistrikan Body Baterai Baterai berfungsi sebagai sumber arus searah DC ( Dirrect Current ) ...
-
Motor Thunder tiba-tiba ngga bisa distarter, yang terdengar hanya cetak cetik..cetak cetik..saat tombol start di pencet, periksa semua......
-
SMK ………………….. Pasang System Hidrolik SISTEM CAKRAM YAMAHA FIZR Waktu 4 x 40 menit OPKR – 10 – ...
-
SERVIS SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA I. KESELAMATAN KERJA 1. Bersikap mawas diri terhadap kemungkinan terjadinya kecelakaan 2. Bekerja dengan...
-
Warna kabel tiap merek motor berbeda-beda. Pada dasarnya warna kabel itu hanya mewakili muatan positif(+) dan negatif (-). Berikut penjelas...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar